Senin, 10 Januari 2011

Sejarah Hidup Muhammad

oleh Muhammad Husain Haekal
 
 
 
  
Pada  bagian  terakhir  cetakan  pertama  buku  ini  ada  saya
sebutkan mengenai bermacam-macam bantuan yang diberikan kepada
saya oleh almarhum Muhammad Tal'at Harb Pasya      ketika  itu
Direktur  Bank Mesir. Besar sekali jasanya dalam membantu saya
mempercepat  terbitnya  buku  ini  dan   yang   membuat   saya
menyediakan  seribu  buku  dari  sepuluh ribu yang dicetak itu
untuk lembaga sosial Islam. Demikian juga perlu saya  sebutkan
bantuan  almarhum Mahmud Bey Khatir, Direktur Percetakan Mesir
ketika itu, sehingga buku ini sampai ke tangan pembaca  dengan
tipografi  dan  perwajahan  (design)  yang  cukup  indah. Juga
bantuan almarhum al-Ustadh Abd'r-Rahim Mahmud,  Korektor  pada
Perpustakaan  (Nasional)  Mesir yang telah mengoreksi buku ini
serta mencocokkan nama-nama dan ayat-ayat Qur'an.  Selanjutnya
atas   jasa  Tuan-tuan  Muhammad  Husni,  Sayyid  Ibrahim  dan
almarhum Mustafa Bey Ghazlan, ahli-ahli khat (kaligrafi)  yang
telah  menyusunkan  halaman-halaman  pertama  buku  ini.  Juga
kepada  Tuan-tuan  Ibrahim  al-Abyari,  Abd'l-Hafid   Syalabi,
Syaikh  Ahmad 'Abd'l-'Alim al-Barduni, Ali Ahmad asy-Syahdawi,
para Korektor pada Perpustakaan, yang telah  berusaha  membuat
beberapa  indeks dalam buku ini. Saya ingin mencatat juga nama
Tuan Ali Fauda yang telah  membantu  saya  dan  membantu  Tuan
Abd'r-Rahim Mahmud dalam mengadakan koreksi ini.
 
Saya  mohon  maaf  yang sebesar-besarnya kepada yang lain yang
juga telah membantu saya, kalau  nama-nama  mereka  itu  tidak
sampai saya sebutkan, karena saya pun kuatir akan terbawa oleh
sifat pelupa. Saya  ingin  mengulangi  rasa  terimakasih  saya
kepada mereka semua ketika cetakan kedua buku ini terbit.
 
Bantuan demikian itu tiada sudahnya saya terima.
 
Banyak  juga orang yang secara berturut-turut telah memberikan
bantuan sejak cetakan pertama buku ini terbit hingga  mencapai
cetakan  kedua. Jasa mereka itu pun tidak saya lupakan. Syaikh
Ahmad Mustafa al-Maraghi yang ketika itu menjadi lektor bahasa
pada fakultas Bahasa Arab Universitas Al-Azhar, telah berkenan
pula mengoreksi naskah buku ini dan mengirimkan kembali kepada
saya dengan beberapa catatan mengenai seluk-beluk bahasa, yang
besar sekali artinya untuk saya pergunakan dalam cetakan kedua
ini.
 
Disamping  itu tidak sedikit pula orang yang telah mengirimkan
catatan semacam itu kepada saya, yang juga  tidak  lepas  dari
perhatian  saya tentunya. Beberapa orang sahabat saya ada juga
yang mengirimkan buku-buku karangan  mereka  yang  perlu  saya
baca  dan  saya  pergunakan,  diantaranya  buku  sahabat saya,
pengarang    Palestina    Muhammad     Is'af     an-Nasyasyibi
Al-Islam'sh-Shahih,   dua   buku   lagi   oleh  Muhammad  Fuad
Abd'l-Baqi, yakni Miftah Kunuz's Sunna yang diterjemahkan dari
Wensinck    dengan    lebih    disempurnakan    dan    Tafshil
Ayat'l-Quran'l-Hakim yang disadur berdasarkan  susunan  J.  La
Baume.  Buku  yang  belakangan  ini sangat berguna sekali buat
orang yang ingin  memakai  Qur'an  sebagai  referensi.  Dengan
susunan  yang  sistematis,  yang  cukup  teliti, semua masalah
dalam buku itu dikumpulkan. Disamping itu  ada  beberapa  buku
lain yang sudah saya sebutkan dalam bibliografi.
 
Ketika  cetakan  kedua  buku  ini  mulai dicetak di percetakan
Perpustakaan (Nasional) Mesir - Dar'l-Kutub'l-Mishria  -  saya
melihat  orang-orang  yang  berwenang  dalam  perpustakaan itu
sangat besar memberikan perhatian pada buku ini, yang  rasanya
tidak  akan  demikian sekiranya ini bukunya sendiri sekalipun.
Yang demikianl ini sudah menjadi kebiasaan Tuan  Muhammad  Bey
As'ad Barradah, Direktur lembaga tersebut ketika itu, demikian
juga  Tuan  Muhammad  Nadim,  Direktur  percetakan  dan  semua
bahagian  Lektur badan tersebut dibawah pimpinan almarhum Tuan
Ahmad Zaki  al-'Adawi.  Tidak  jarang  pula  tokoh-tokoh  pada
bagian  lektur  itu  yang  telah  turut  membantu  saya  dalam
mencocokkan beberapa  masalah  yang-ternyata  dalam  buku-buku
hadis  dan  beberapa  buku  sejarah Nabi masih terdapat adanya
beberapa perbedaan, dengan tujuan lebih cermat dan tepat. Juga
sering  sekali  kami  bekerja  sama  dalam  meneliti  beberapa
istilah atau susunan kata dan segi ilmu bahasa  untuk  sedapat
mungkin  menghindarkan adanya pengaruh bahasa asing dalam buku
ini. Bagian Lektur ini  pulalah  yang  telah  membuat  catatan
bawah  mengenai  ayat-ayat  Qur'an dan memberikan anotasi dari
segi semantik mengenai kata-kata yang dianggap perlu.
 
Almarhum Rektor Magnificus Syaikh Muhammad Mustafa  al-Maraghi
telah  juga  berkenan  sekali lagi membaca beberapa pasal yang
telah dibaharui dalam cetakan kedua ini.
 
Mengenai penyelenggaraan pencetakan hingga  sampai  ke  tangan
pembaca  dalam  bentuk  yang  begitu  indah  dan  teliti (pada
cetakan kedua) adalah atas jasa Tuan Muhammad Nadim,  Direktur
percetakan serta pembantu-pembantunya dari kalangan ahli dalam
percetakan itu. Mereka itu semua bekerja sesuai sekali  dengan
ucapan Nabi 'alaihissalam: "Apabila orang mengerjakan sesuatu,
Tuhan lebih suka bila dikerjakan secara lebih sempurna."
 
Dan memang sudah sepantasnya pula - pada cetakan ketiga ini  -
bila  saya  mengulangi  rasa  terimakasih  saya  kepada  pihak
perpustakaan  serta  kepada   mereka   yang   bertugas   dalam
percetakan.  Karena  kesibukan  yang saya hadapi, saya sendiri
tidak  banyak  mencampuri  cetakan  ini  selain  pada  cetakan
percobaan  yang  terakhir serta ijin fiat dicetak. Selain itu,
mengenai  judul-judul  tambahan  pada   tiap   halaman   serta
koreksinya  yang  lebih  teliti, semua itu karena jasa mereka;
mengingat  pula  adanya  hubungan  baik  saya   dengan   pihak
perpustakaan  itu  semua,  terutama  sekali dengan Direkturnya
waktu itu, sahabat karib saya Dr. Mansur Fahmi Pasya
 
Oleh karena itu saya  ingin  menyampaikan  rasa  terima  kasih
serta  penghargaan  saya yang setinggi-tingginya kepada mereka
itu semua yang telah berusaha sedemikian  rupa.  Semoga  Tuhan
juga  yang akan memberikan balasan sesuai dengan amal kebaikan
yang telah mereka curahkan. Segala  balasan  yang  baik  hanya
pada Tuhan juga adanya.
 
Dan  sekarang,  sehubungan dengan cetakan keempat yang dicetak
pada  Percetakan  Mesir,  rasanya  patut  sekali   bila   saya
menyampaikan ucapan terimakasih saya kepada Tuan Yusuf Bahjat,
Direktur percetakan  tersebut  dan  kepada  pimpinannya,  Tuan
Muhammad  Ibrahim  Usman  dan  semua petugas Percetakan Mesir,
atas segala perhatian yang telah diberikan,  sampai  terbitnya
buku   ini   dengan   perwajahan  dan  tipografi  yang  indah.
Terimakasih yang sama saya sampaikan juga kepada  Tuan  Syaikh
Ahmad  'Abd'l-'Alim  al-Barduni  yang telah membantunya dengan
sungguh-sungguh dalam menyusunkan  indeks  pada  cetakan  ini.
Dalam  cetakan  kelima ini tentu dengan senang hati saya ingin
juga menyatakan terimakasih kepada Dr.  Sayyid  Naufal,  Ketua
Dewan  Legislatif pada Majelis Senat, yang telah dengan teliti
membantu memeriksa  cetakan-cetakan  percobaan  ini  dan  juga
untuk cetakan yang keempat.
 
Saya  bersyukur  kepada  Tuhan  disertai harapan semoga dengan
pertolongan-Nya akan berhasil juga kita melaksanakan kewajiban
kita dalam hidup ini - dengan sebaik-baiknya.
                                                                                                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar