Jumat, 12 November 2010

PENERAPAN PENGORGANISASIAN PADA ORGANISASI PEMUDA ATAU MAHASISWA

I . PENDAHULUAN

    Pengorganisasian adalah suatu cara didalam kegiatan organisasi diantara para anggotanya agar tujuan organisasi dapat terwujud sesuai yang diharapkan.


II . ISI


     Pengorganisasian bisa juga disebut sebagai proses merancang struktur formal, mengatur atau membagi tugas-tugas atau pekerjaan kepada anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Proses pengorganisasian dapat dengan tiga prosedur sebagai berikut ini.
  1. Pemerincian seluruh pekerjaan yang harus dikerjakan agar dapat mempermudah pekerjaan.
  2. Pembagian beban pekerjaan total menjadi kegiatan – kegiatan yang secara logik dapat dilaksanakan oleh satu orang . Pembagian kerja sebaliknya tidak terlalu berat sehingga tidak dapat diselesaikan, atau terlalu ringan sehingga ada waktu menganggur, tidak efisien dan terjadi biaya yang tidak perlu
  3. Pengadaan dan pengembangan suatu mekanisme untuk menkoordinasikan pekerjaan para anggota organisasi menjadi kesatuan yang terpadu dan harmonis . Mekanisme pengkoordinasian ini akan membuat para anggota organisasi menjaga perhatiannya pada tujuan organisasi dan mengurangi ketidak-efisiensi dan konflik – konflik yang merusak .

III .KESIMPULAN

       Pengorganisasian yang baik dapat mempermudah sebuah organisasi  mencapai tujuannya.


IV . DAFTAR PUSTAKA


       www.wikipedia.com
       www.google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar